SUSUN ANALISIS KEBUTUHAN SARANA TELEKOMUNIKASI PERWILAYAH, BP-PAUD DIKMAS PANGGIL OPERATOR DISDIK KAB/KOTA DAN KETUA PKBM SERTA KEPALA PAUD

Banjarmasin – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbudristek RI yang sesuai Permendikbud Nomor 26 Tahun 2020 yang menyebutlan memiliki tugas melaksanakan pengembangan program dan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, yang salah satunya memiliki fungsi pelaksanakan fasilitasi penjaminan mutu program pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Maka untuk mengetahui apakah mutu pendidikan sudah baik atauu kurang maka diperlukan evaluasi.

Guna menunjang salah satu tugas pokok fungsi tersebut, BP-PAUD dan Dikmas mengundang Operator Disdik Kab/Kota, Ketua PKBM dan Kepala PAUD Se Kalsel yang dari daerah terkendala jaringan internet pada kegiatan Analisis Kebutuhan Penguatan Sarana Telekomunikasi Per-Wilayah Potensi Lokal, Advokasi Implementasi Program Penguatan Sarana PJJ, Pelaksanaan Kemitraan dan Implementasi Kerjasama yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn pada tanggal 26 s.d. 28 Oktober 2021.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara, mengirimkan Operator PAUD Dikmas Kabupaten, Ketua PKBM Rawa Hijau serta Kepala PAUD TK Harapan Mulia dari Kecamatan Paminggir yang secara kondisi geografis merupakan daerah yang terkendala koneksi internet.

Taufiqur Rahman, M.Pd. selaku koodinator kegiatan yang juga merupakan Widyaprada Ahli Madya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk melakukan analisis permasalahan dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam pelaksanaan program PAUD dan Dikmas, baik yang ada di provinsi, kabupaten/kota dan satuan pendidikan.

Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd. selaku Kepala BP-PAUD dan Dikmas pada paparannya juga menyampaikan dengan adanya analisis permasalahan peta mutu per wilayah dan kerjasama, maka para pemangku kebijakan dan pelaksanaan program PAUD dan Dikmas di wilayah kerja BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Selatan dapat mendiskusikan berbagai hal yang terkait dengan pelaksanaan program tersebut.

“Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah untuk mendapatkan rumusan permasalahan dan rencana program dari analisis kebutuhan penguatan sarana per wilayah dan potensi lokal, advokasi implementasi program penguaran sarana PJJ, pelaksanaan kemitraan dan implementasi kerjasama” tambah beliau.

Narasumber yang memberikan materi adalah dari BP-PAUD dan Dikmas Prov. Kalsel, PT. Telkom, dan KPID Kalimantan Selatan.

(Disdikbud/Sry/zeaf)

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.